AGRITEK

BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Jamur tiram (Pleurotus sp.) merupakan salah satu jenis jamur kayu yang enak dimakan serta mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Sehingga jenis jamur ini mulai banyak dibudidayakan karena mempunyai sifat adaptasi dengan lingkungan yang baik dan tingkat produktivitasnya cukup tinggi.

Baca selengkapnya

PELUANG DAN TANTANGAN PERTANIAN ORGANIK

Dewasa ini pertanian organik berkembang cukup pesat di Indonesia. Ini merupakan suatu tanda positif bahwa pertanian organik mulai mendapat perhatian masyarakat baik produsen maupun konsumen. Namun demikian perkembangan yang positif ini perlu dicermati agar tidak memunculkan bias-bias yang justru merugikan kehidupan dimasa depan.

Baca selengkapnya

BUDIDAYA IKAN MAS

Perkembangan budidaya ikan mas mengalami kemajuan yang sangat pesat. Malah boleh dikatakan ikan mas-lah yang mempunyai tingkat pembudidayaan yang hampir sempurna. Seperti kebiasaan ikan-ikan yang tergolong keluarga Cyprinidae, ikan mas sama sekali tidak mempunyai naluri untuk merawat atau melindungi keturunannya. Oleh karena itu segala sesuatu yang berhubungan dengan dengan perkembangbiakannya menjadi tanggung jawab kita sebagai pemilik sekaligus pengusahanya.

Baca selengkapnya

GEJALA DAN PENCEGAHAN FLU BURUNG

Penyakit flu burung atau influenza pada unggas (Avian Influenza/AI) adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza tipe A dan ditularkan oleh unggas.

Di Indonesia pada bulan Januari 2004 dilaporkan adanya kasus kematian ternak ayam yang luar biasa terutama di Bali, Botabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Jawa Barat. Awalnya kematian tersebut disebabkan oleh virus new castle, namun konfirmasi terakhir oleh Departemen Pertanian disebabkan oleh virus flu burung. Jumlah unggas yang mati akibat wabah penyakit flu burung di 10 provinsi di Indonesia sangat besar yaitu 3.842.275 ekor (4,77%). Pada bulan Juli 2005, penyakit flu burung telah merenggut nyawa tiga orang warga Tanggerang Banten. Hal ini didasarkan pada hasil pemeriksaan laboratorium Badan Litbang Depkes Jakarta dan laboratorium rujukan WHO di Hongkong.

Melihat kenyataan ini seyogyanya masyarakat mewaspadai adanya penyakit flu burung, namun tidak perlu sampai timbul kepanikan.

Baca selengkapnya

TEKNOLOGI BUDIDAYA PADI HIBRIDA

Padi hibrida adalah produk persilangan dari dua tetua padi yang berbeda secara genetik, melalui proses seleksi yang tepat dari dua tetua tersebut, maka hibrida memiliki vigor dan daya hasil yang lebih tingg dari kedua tetuanya tersebut.

Kementrian Pertanian telah melepas beberapa varietas padi hibrida diantaranya : Intani, Rokan, Maro, Sembada, Bernas dan lain-lain. Apabila teknologi budidayanya dilakukan secara intensif dengan menerapkan teknologi anjuran maka hasilnya bisa mencapai 13 ton/Ha GKG.

Baca selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s